Rapat Evaluasi Penerimaan PAD Semester I Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2021

  • Whatsapp

Koltim, KT.Com – Bertempat di ruang rapat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), dilaksanakan rapat Evaluasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Semester 1 Tahun Anggaran 2021 Koltim.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Koltim Hj. Andi Merya Nur S.IP, didampingi Pj. Sekda dan dihadiri seluruh Kepala SKPD sebagai pemangku PAD, pada Jumat (30/7).

Dalam arahannya Bupati Hj Andi Merya mengatakan, Kemandirian daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi fiscal menajdi issue yang dihadapi oleh setiap Pemerintah Daerah, karenanya jika kebutuhan daerah yang tidak seimbang dengan kapasitas fiscal akan menimbulkan kesenjangan fiscal.

Baca Juga :  Kunker Wagub Sultra di Koltim, Pantau Penanganan Covid 19

Untuk itu kata Bupati, Pemerintah daerah harus dapat meningkatkan PAD tanpa harus melanggar nama-nama dengan cara mengoptimalkan potensi yang ada.

“Optimalisasi PAD dari sisi penerimaan hendaknya diikuti dengan pengelolaan penggunaan anggaran dari sisi pengeluaran dan dikelola dengan baik serta dilakukan secara komprehensif dengan berbagai strategi sesuai dengan kaidah pengelolaan keuangan daerah, dengan peningkatan prosedur pengendalian dari intern pemerintah daerah,” jelas orang Nomor satu Koltim itu.

Baca Juga :  Kunker Wagub Sultra di Koltim, Pantau Penanganan Covid 19

Lebih lanjut Andi Merya menjelaskan tentang tujuan rapat evaluasi PAD semester I hari ini, yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana progres penerimaan PAD hingga bulan juni, sehingga hasilnya nanti menjadi bahan tindak lanjut untuk mengoptimalkan potensi penerimaan PAD hingga akhir desember 2021.

Dan Sekaligus meningkatkan koordinasi dalam rangka mencari solusi akan tantangan dan hambatan dalam pencapaian dan peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) ke depan, Tutupnya.