Pemda Koltim Gelar Musrembang RPJMD 2021 – 2026 Dan Penjaminan Kualitas KLHS

  • Whatsapp

KOLTIM, Kabartenggara.com – Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Tahun 2021-2026, dan penandatanganan berita acara penjaminan kualitas Kajian Lingkungan Hidup Strategis
(KLHS) – RPJMD 2021 -2026 Sukses digelar di Aula Bappeda Koltim, Senin (5/07/2021).

Acara yang dibuka langsung Bupati Koltim Hj. Andi Merya Nur, SIP, di hadiri, Pj. Sekda Koltim, kepala Bappeda Provinsi, kepala Bappeda Kolaka dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Koltim dengan tetap mengedepankan Protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dalam Sambutan Bupati Koltimh, Hj. Andi Merya Nur S.IP Menjelaskan, jaminan Kualitas KLHS yang menjadi penunjang RPJMD lima tahun kedepan sudah sesuai dengan mekanisme tahapannya, karena substansinya menuju pembangunan yang berkelanjutan dengan target penyesuaian visi SBM.

“Penjaminan kualitas KLHS sudah dilaksanakan sesuai dengan mekanisme atau tahapanya, termaksud substansi hasil KLHS telah di rekomendasikan, sedangkan pelaksanaan musrembang RPJMD merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah lima tahun yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD. Dengan memperhatikan 10 misi pembangunan,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Kunker Wagub Sultra di Koltim, Pantau Penanganan Covid 19

Adapun rancangan awal RPJMD 2021 – 2026 pada acara konsultasi publik di bulan April lalu, Bupati Koltim Andi Merya dalam sambutannya menjabarkan cara mewujudkan visi (SBM) Sejahtera Bersama Masyarakat kolaka timur yang agamis, maju mandiri dan berkeadilan, dijabarkan menjadi sepuluh misi pembangunan Koltim, yakni:

Peningkatan kualitas sumber daya manusia berbasis ajaran agama, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta budaya local.

Peningkatan aksebilitas, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca Juga :  Kunker Wagub Sultra di Koltim, Pantau Penanganan Covid 19

Percepatan kualitas infrastruktur public yang memadai dan efektif.

Penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan transparan melayani masyarakat.

Peningkatan ekonomi masyarakat dan produktifitas pertanian, perkebunan, penguatan umkm, koperasi dan pelaku usaha.

Penguatan peran pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat.

Pembinaan dan pemberdayaan kepemudaan, olahraga dan seni budaya.

Kemudian, mengembangkan potensi wisata.

Terwujudnya masyarakat yang aman, damai dan tertib.

Dan pengelolaan lingkungan hidup secara profesional, selaras, serasi dan seimbang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dan selanjutnya kata bupati, pemerataan pembangunan di wilayah Koltim, menjadi prioritas pemerintah daerah berdasarkan isu strategis dan arah kebijakan yang akan dituntaskan dalam masa RPJMD Periode 2021-2026, dengan tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.@red