Akses Jalan Penghubung Desa, Jadi Skala Prioritas Dana Desa Lambotua

  • Whatsapp

KOLTIM, Kabartenggara.com — Satu satunya akses jalan masyarakat Desa Lambotua, yang menghubungkan jalan keluar ke Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) provinsi Sulawesi Tenggara. Jadi skala prioritas Dana Desa Lambotua tahun anggaran 2021.

Dijelaskan Saigun kepala Desa Lambotua, jalan keluar masuk untuk berurusan dan mengangkut hasil bumi masyarakat desa yang dinahkodainya, yang terletak disebrang gunung dan berbatasan langsung Kabupaten Kolaka sebagai Induk Kabupaten Koltim tersebut, jalan Desa yang menjadi penghubung akses satu satunya hanya melalui kecamatan Mowewe, dan sangat rawan dilalui apalagi di musim penghujan.

“Jalan Desa penghubung ke kecamatan mowewe adalah akses satu satunya untuk mengangkut hasil bumi masyarakat atau jika ada urusan administrasi atau urusan lainnya, dan jalannya suda sangat rawan apalagi jika di musim hujan, kiri kanannya jurang,” pungkasnya.

Baca Juga :  Respon Cepat Peningkatan Kasus Corona, Bupati Andi Merya Pimpin Pertemuan Penanganan Covid-19

Lanjut Saigun, usulan masyarakat untuk perbaikan peningkatan jalan Desa tersebut tidak bisa terbendung, sehingga menjadi skala prioritas pembangunan Dana Desa tahun anggaran 2021 yang telah disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lambotua.

Bukan cuman itu kata Saigun, selain pembangunan peningkatan infrastruktur jalan desa dengan satu paket pembangunan decker, ada juga pengadaan wi-fi yang merupakan usulan dan kebutuhan yang sangat prioritas bagi masyarakatnya. Sebagaimana ia menjelaskan, Pelaksanaan pembangunan untuk tahap satu dan tahap dua telah trealisasi.

“Peningkatan jalan desa sepanjang 1 kilo tuju ratus meter, decker 2 unit di dusun 4 dan pengadaan wifi desa, itu pekerjaan tahap satu dan tahap dua yang telah selesai. Adapun aitem lainya seperti penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid 19 masih sementara terus berjalan,” urainya.

Baca Juga :  Bupati Koltim Launching Penyaluran Bantuan Beras PPKM Tahun 2021

Sementara itu beberpa masyarakat Desa Lambotua kepada Kabartenggara.com mengungkapkan, baru baru ini mereka telah menerima BLT ke tahap 6, dan mengapresiasi pembangunan Desa yang memprioritaskan usulan mereka.

“Kami suda terima BLT yang ke enam kali pa wartawan, jalan keluar juga suda bagus dilalui, dan jaringan wifi sudah ada, itu baru namanya kepala Desa peduli masaraka’na (masyarakatnya),” ocehannya, sambil menunjuk ke baliho yang terpancang didepan kantor desa dan mengatakan itu sudah selesai dikerjakan.

Adapun yang terpantau media ini, di papan imformasi data pengelokasian anggaran pemerintah Desa Lambotua, dan yang tertuang dalam baliho sebagai sala satu sarana keterbukaan imformasi publik, anggaran pendapatan dan belanja desa terbagi lima bidang.

Reporter : POLYWUD