Gubernur Lantik Andi Merya Nur Bupati Wanita Pertama di Sultra

  • Whatsapp

Koltim, Kabartenggara.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH, secara resmi lantik Hj.Andi Merya Nur, S.IP, Sebagai Bupati Kolaka Timur (Koltim) definitif, Sekaligus Bupati wanita pertama di Sultra.

Hal Bupati wanita pertama di Sultra disampaikan Gubernur Ali Mazi dalam sambutanya, usai menyampaikan Selamat atas pelantikan andi Merya Nur, pada Senin (14/6/2021), di Aula Rumah Jabatan Gubernur Sultra, yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan Covid19 yang sangat ketat.

Dalam Sambutan Gubernur Ali Mazi, Andi Merya Nur adalah wanita pertama yang dilantik sebagai bupati di Provinsi Sulawesi Tenggara, Sehingga kata Gubernur masyarakat Sultra, khususnya di daerah Koltim, tentu bisa merasa bangga dan bahagia menyambut kehadiran srikandi pertama ini sebagai pemimpin baru, yakni sebagai bupati wanita pertama di Sultra.

Gubernur juga berpesan, bahwa sebagai kepala daerah yang merupakan hasil dari pemilihan langsung, hendaknya dapat benar-benar mampu mewujudkan janji-janji yang dilontarkan saat kampanye pada Pilkada serentak 2020 lalu, yakni mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Koltim.

Kemudian Gubernur Ali Mazi berpesan kepada Bupati Andi Merya Nur, agar dapat membangun kerja sama dengan kekompakan yang harmonis dan bersinergis kepada semua kalangan.

“Saya selaku gubernur sekaligus pembina pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara, mengharapkan kepada saudari Bupati Kolaka Timur untuk dapat membangun kerja sama yang harmonis dan efektif serta bersinergi dengan jajaran birokrasi, forkopimda, swasta, stakeholder terkait, dan elemen masyarakat lainnya, dalam rangka menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang akan dijalankan,” imbau Gubernur Ali Mazi.

Baca Juga :  Sekda Terima Peserta KKA UMK di Koltim

Pada kesempatan itu, Gubernur Ali Mazi tak lupa menyampaikan harapannya, agar kekosongan posisi Wakil Bupati (Wabup) di Koltim hendaknya segera dilakukan pengisian.

“Setelah saudari saya lantik, diharapkan agar segera diproses pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Sehingga dapat membantu saudari dalam mewujudkan visi dan misi yang telah dijanjikan kepada masyarakat Kolaka Timur, tentunya yang menjadi pendamping sebagai wakil bupati adalah yang dapat berkerja sama untuk seiring sejalan dan saling melengkapi satu sama lain, dan bersinergi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kolaka Timur,” demikian pesan Gubernur Ali Mazi.

Sementara itu, Bupati definitif dalam sepatah katanya mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua masyarakat Koltim, dan meminta seluruh elemen untuk tetap membantu dan mendukung dirinya dalam menggerakkan roda pembangunan di Koltim, agar dapat benar-benar meujudkan sejahtera bersama masyarakat sesuai dengan visi dan misi yang telah disampaikan bersama H Samsul Bahri Madjid, SH, M.Si semasa hidup, saat kampanye yang lalu.

Baca Juga :  Rapat Evaluasi Penerimaan PAD Semester I Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2021

”Visi-misi bersama almarhum Samsul Bahri Madjid akan kita pertajam untuk membangun Koltim yang lebih baik, tentunya dengan dukungan dari OPD dan seluruh masyarakat Kolaka Timur,” tandas Andi Merya seraya menambahkan, bahwa meskipun Samsul Bahri Madjid telah berpulang ke Rahmatullah, namun komitmen SBM (Sejahtera Bersama Masyarakat) itu tetap harus ditancapkan untuk diwujudkan melalui visi-misi yang telah disepakati hingga akhir masa jabatannya.

Setelah melalui seluruh rangkai pelantikannya sebagai Bupati definitif Koltim, Andi Merya Nur bergegas menemui sejumlah tokoh, para relawan dan pendukungnya untuk menggelar syukuran di salah satu rumah makan di Kota Kendari.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, di antaranya Penjabat (Pj) Sekda Koltim. Andi Muhammad Iqbal Tongasa; Ketua TP-PKK Koltim, Diana Massi para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Koltim.

Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Nomor 131.74-1220 tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan Mendagri Nomor: 131.74-74-265 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Sulawesi Tenggara.

Surat Keputusan tersebut disampaikan oleh Dirjen Otda Kemendagri kepada Gubernur Sulawesi Tenggara, yakni melalui surat Nomor: 131.74/3651/OTDA, perihal Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 4 Juni 2021.