Gelar Upacara HUT Koltim Ke-8 Tahun, Bupati : Sejarah Bangsa yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya

  • Whatsapp

Koltim, Kabartenggara.com – Di sepanjang masa, Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, itulah Sejarah yang diungkapkan Plt. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Hj. Andi Merya Nur SIP, Saat memberikan Sambutan di Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koltim Ke- 8, yang berlangsung di Tribun lapangan Lalingato kecamatan Tirwuta. Kamis (22/4/2021).

Ungkapan itu diperuntukkan untuk memberikan apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para inisiator pemekaran Kabupaten Kolaka Timur atau forum percepatan pembentukan Kabupaten Kolaka Timur.

Dimana perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan dengan semangat heroisme yang kemudian perjuangan tersebut berhasil melahirkan dan membawa Kolaka Timur ini menjadi daerah otonom di Indonesia.

Foto Bupati Koltim bersama tokoh-tokoh pemekaran kab.Koltim

“Tentu kita akan selalu mengenang masa perjuangan pembentukan Kolaka Timur yang Dengan gigih diperjuangkan oleh tokoh-tokoh pejuang pemekaran yang dimulai pada tahun 2003 dilanjutkan pada tahun 2007 dan mekar pada tahun 2013,” pungkasnya.

Untuk itu lanjut Bupati, pendahulu kita telah berjuang membentuk Kolaka Timur, tugas kita adalah mengisi perjuangan tersebut dengan pembangunan untuk kesejahteraan secara merata.

Dimana Koltim adalah taman mini Sulawesi Tenggara, dengan masyarakat yang heterogen/beragam terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama namun tujuannya satu yaitu adil makmur dan sejahtera.

“kita hargai perbedaan dan kita Junjung tinggi keberagaman, sesungguhnya cita-cita kita sama, yaitu mewujudkan Kolaka Timur menjadi daerah yang adil makmur sejahtera dan damai, kita Tunjukkan bahwa Kolaka Timur adalah negeri yang ramah religius dan berbudaya penuh dengan tenggang rasa,” urainya.

Baca Juga :  Secara Virtual, Plt Bupati Koltim Turut Dalam Pelantikan
Foto istimewa, Bupati Koltim, Ketua DPRD Koltim, Ibu TP-PKK Koltim, Sekda Koltim, Kapolres Kolaka, Dandim 1412 Kolaka

Kemudian A. Merya Nur melanjutkan, Memasuki tahun kedelapan usia Kolaka Timur, sekaligus momentum awal pemerintahannya, yang belum genap 2 bulan, namun ia mengungkapkan harus berani dan melakukan langkah-langkah strategi, dengan berani melakukan terobosan, agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan, dapat langsung dirasakan oleh masyarakat yang saat ini di tengah-tengah dilanda Resesi ekonomi akibat pandemi covid 19.

Dikatakannya, Koltim adalah wilayah yang sangat strategis, karena berada di tengah-tengah wilayah daratan Sulawesi Tenggara, dimana Kolaka Timur berbatasan dengan Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan dan bombana.

Dengan luas wilayah berdasarkan undang-undang pemekaran Kolaka Timur yaitu: 3764, 34 kilo meter bujur sangkar, namun setelah dilakukan validasi oleh badan informasi geospasial yang kemudian mendapat persetujuan dari Kementerian Agraria dan tata ruang Badan Pertahanan Nasional, luas Kolaka Timur menjadi 3999,72 km bujur sangkar.

“wilayah yang strategis ini harus dapat di manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, sebap tugas yang diberikan dalam pemerintahan untuk mewujudkan Kolaka Timur yang semakin Sejahtera,” tegas Srikandi Koltim itu.

Baca Juga :  Secara Virtual, Plt Bupati Koltim Turut Dalam Pelantikan
Foto bersama pimpinan OPD Koltim

Kemudian pada kesempatan itu, ia memohon Izin menyampaikan langkah-langkah yang sangat strategis dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Dimana bidang pemerintahan untuk meningkatkan fiskal daerah, maka pendapatan daerah harus kita genjot, terobosan yang akan di lakukan adalah mendirikan dinas pendapatan daerah, dimana dinas ini akan bertugas mencari sumber-sumber pendapatan daerah yang sah, sehingga badan keuangan akan fokus mengurus pengelolaan keuangan dan Aset daerah.

Sementara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan kita percayakan fokus mengurusi pendidikan dan budaya, sedangkan urusan kepemudaan kita jadikan Dinas Pemuda dan Olahraga sekaligus untuk mengawal Salah satu misi yang diemban, sehingga dinas ini akan mengurus, Membina dan memperhatikan potensi pemuda. serta masih banyak lagi yang di uaraikan.

Dan diakhir sambutan Bupati mengucapkan, “atas nama pribadi keluarga dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Samsul Bersama Merya (SBM) Sejahtera Bersama masyarakat, mengucapkan dirgahayu Kabupatenten Kolaka Timur yang ke-8, terima kasih kepada seluruh inisiator pejuang dan pendiri Kolaka Timur mereka adalah pahlawan bagi daerah ini,” Ucap semangat Dirgahayu kosong satu Koltim itu.

Untuk di ketahui yang hadir dalam upacara HUT Koltim, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua DPRD Koltim beserta anggota, Wakil Bupati Kolaka dan Konawe, Sekda Koltim, Ibu TP -PKK Koltim, Kopolres Kolaka, Dandim 1412 Kolaka, sejumlah pimpinan partai politik, tokoh pemekaran Kabupaten Koltim, Para OPD, Camat, dan Desa/Lurah se-Koltim. Yang kemudian dilanjutkan foto bersama. (@red)