Masyarakat Heterogen, Bupati dan Dewan Berpakaian Adat di Paripurna Istimewa Peringatan HUT Koltim Ke-8 Tahun

  • Whatsapp

Koltim, Kabartenggara.com – Paripurna Istimewa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-8 Tahun 2021 Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), yang di gelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menjadi suatu momentum dalam memupuk semangat Kebinekaan di koltim, dengan Pakaian adat Kebesaran Masing – masing Simbol Suku dan Agama.

Diketahui Masyarakat Kolaka Timur adalah masyarakat yang Heterogen atau Beragam terdiri dari berbagai suku dan agama yang hidup berdampingan Adil, makmur dan sejahtera bersama. Yang sangat pas dengan Akronim SBM AMMAN, yakni Sejahtera Bersama Masyarakat Yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan.

Plt Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur, S.Ip, Ketua dan Wakil Ketua DPRD bersama Anggota, Ketua TP-PKK Koltim, Sekda Koltim, para OPD dan camat se Kolaka Timur, Tokoh Pemekaran Kolaka Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan tamu undangan lainnya Kenakan Baju adat kebesaran Batik/Kebaya, terkecuali yang mewakili Kapolres Kolaka, Dandim 1412 Kolaka, dan wartawan yang meliput di Aula Paripurna DPRD Koltim. Rabu (21/4/2021).

Plt Bupati Hj. Andi Merya Nur SIP, Saat Sambutan

Adapun sambutan Bupati Koltim, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pejuang tokoh – tokoh masyarakat Perintis dan pendiri yang telah berhasil membentuk Kabupaten Kolaka Timur, dan telah bekerja keras membangun daerah ini ke arah yang lebih baik, yang dikatakannya kita patut berbangga terhadap mereka.

Kata Bupati, setelah ditetapkan menjadi daerah otonomi baru beberapa tahun yang lalu, tugas selanjutnya adalah bagaimana mewujudkan cita-cita kita semua menuju masyarakat adil makmur dan sejahtera memasuki tahun ke-8 Kolaka Timur.

“Kita bersama-sama dalam acara peringatan hari ulang tahun ini, tugas kita adalah mengisi perjuangan tersebut dengan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat secara merata, kita hargai perbedaan dan kita Junjung tinggi keberagaman. semoga akan semakin memantapkan dan meningkatkan semangat kita untuk terus membangun dan mengantarkan Kabupaten Kolaka Timur sebagai daerah yang sejahtera bersama masyarakat, adil maju Mandiri dan berkeadilan memasuki tahun yang ke-8 Kabupaten Kolaka Timur ini,” Pungkasnya.

Lanjut Bupati, “kami mengajak kita semua untuk bersatu padu bergandengan tangan, jalan kita masih panjang tantangan kita masih sangat berat, beri kesempatan kepada kami beserta jajaran untuk bekerja dan berbuat yang lebih baik untuk kolaka timur tercinta ini, menjadi daerah yang adil tentram dan damai dan kita Tunjukkan bahwa kabupaten yang ramah dan penuh dengan tenggang rasa pendahulu kita telah berjuang membentuk Kolaka Timur ini, dan Alhamdulillah kita berhasil menyelenggarakan pemilihan kepala daerah yang sukses di tahun 2020 yang lalu, menjadi acuan kita untuk terus mempertahankan kondisi sosial masyarakat yang hidup berdampingan tanpa adanya konflik,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Secara Virtual, Plt Bupati Koltim Turut Dalam Pelantikan
Pj Sekda Koltim, A.M Iqbal Tongasa

Kemudian dalam kesempatan itu juga, Bupati Merya Nur mencoba mengutarakan berbagai upaya yang akan dilakukan diawal pemerintahannya untuk mewujudkan cita-cita sebagai daerah yang maju dan mandiri.

Pertama pemberian jaminan kesehatan daerah yang akan di launching besok setelah upacara hari ulang tahun, Selanjutnya akses jalan kabupaten 12 Kecamatan secara bertahap, kita juga Tengah berupaya meningkatkan Jalan provinsi dari rate -rate bahkan kita upayakan tembus ke Konawe Selatan.

Kita akan berupaya terlebih dahulu, kita lakukan pengembangan jalan nasional menjadi dua jalur, yaitu jalan sepanjang 14 KM, untuk menumbuhkan perekonomian pendapatan masyarakat dan ekonomi kreatif dan menumbuh kembangkan pariwisata desa yang mempromosikan potensi wisata kabupaten seperti objek wisata air terjun di desa dan pembangunan jalan menuju wisata Air Terjun tetewa.

Pengembangan komoditi unggulan Koltim, penanganan pasca panen harus mempersiapkan perluasan area yang didukung oleh sarana irigasi dan Bendungan pelosika, peningkatan kapasitas dan lembaga adat dengan memberikan fasilitas kelengkapan dalam upacara adat, pembinaan tokoh agama dan lembaga keagamaan, peningkatan peran pemuda dan kegiatan kepemudaan pengembangan disiplin aparatur Pemerintah oleh pemerintah kecamatan dan kabupaten.

Kecamatan Kelurahan dan desa pemberian stimulan bagi pembangunan infrastruktur desa dan program-program kerja sama dari provinsi dan pusat olehnya itu kita aktif untuk melakukan komunikasi semua pemangku kepentingan, semua itu untuk Kabupaten, untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas selain optimisme tersebut kita sadar bahwa masih terus juga berdampak langsung bagi pembangunan kita.

Foto Plt Bupati, Ketua Dan Wakil Ketua DPRD Koltim

olehnya itu sebagai aparatur Pemerintah yang memegang rakyat Kita Harus berpikir kreatif untuk pembangunan, karena akibat covid 19 pertumbuhan ekonomi kita menjadi 0,31%, namun hal ini juga terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Secara Virtual, Plt Bupati Koltim Turut Dalam Pelantikan

Peningkatkan melalui intervensi di bidang ekonomi pendidikan dan kesehatan angka harapan hidup kita sebesar 33 persen yang berarti masyarakat Kolaka Timur mampu bertahan hidup hingga usia 72 Tahun, ini cukup baik dan harus terus kita pertahankan melalui layanan kesehatan yang kita miliki dengan program pemerintah daerah akan semakin memperbaiki.

angka harapan hidup kita di bidang pendidikan kita masih terus menyesuaikan dengan program belajar dari rumah sehingga kita dapat mempertahankan mutu pendidikan di tahun yang akan datang.

Kita tidak harus berpuas diri karena tantangan ke depan masih sangat membutuhkan semangat dan kerja keras pembangunan yang sudah kita lakukan dengan sistem tata kelola pemerintahan berbasis aplikasi dan elektronik.

Kabupaten Kolaka Timur ini mampu mewujudkan sistem pemerintahan yang transparan dan akuntabel, itu telah kita mulai dengan aplikasi sistem informasi Pemerintah Daerah yang disingkat dengan perencanaan dan penganggaran terintegrasi menjadi satu kesatuan.

Demikian pula dengan pengawasan pengembangan sumber daya manusia perizinan pembangunan desa penilaian kinerja pengadaan barang dan jasa semua berbasis elektronik kondisi ini menjadikan tata kelola pemerintahan kita menjadi lebih baik.

Diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur tahun 2021 2006 sejahtera bersama masyarakat yang agamis maju Mandiri dan berkeadilan atau dengan akronim SBM aman.

Dengan upaya pembangunan infrastruktur jalan di seluruh Kecamatan akan mampu mendorong kemudahan pemasaran hasil pertanian yang kemudian ditindaklanjuti dengan mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah di bidang sosial politik.

Dan Ucapan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah melaksanakan beberapa kegiatan pembersihan meskipun murah dan meriah namun semangat kekeluargaan kebersamaan dan kegotongroyongan adalah yang menjadi utama.

“Sukses ini adalah sukses kita semua sebelum saya akhiri saya atas nama pribadi keluarga dan pemerintah mengucapkan terima kasih kepada semua seluruh inisiator pejuang dan pendiri kolaka Timur, mereka adalah pahlawan bagi daerah Kabupaten Kolaka Timur,” Sambutan Bupati. (@red).