Kerjasama Pemkab Koltim Dan Tamalaki, Ritual Mosehe Wonua Sukses

  • Whatsapp

Koltim, Kabartenggara.com – Acara ritual Mosehe Wonua yang di selenggarakan oleh organisasi Tamalaki Wonuano Mekongga Sukses di gelar melalui kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Pemkab-Koltim), Sekaligus rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT, Koltim) yang ke-8.

Informasi sejarah prosesi ritual mosehe wonua tersebut, merupakan tradisi masyarakat Suku Mekongga yang di lakukan secara turun-temurun sejak zaman kerajaan beberapa abad yang lalu hingga Sekarang yang kita saksikan di lapangan Desa Lalingato, kecamatan Tirawuta, Kabupaten Koltim, Kamis, (8/4/2021).

Sebagaimana kegiatan ini sebelumnya telah direstui oleh Bupati Almarhum H. Samsul Bahri Madjid. Yang juga di sampaikan Plt Bupati Hj. Andi Merya Nur, S.IP, saat memberikan sambutan, yang mengatakan Kegiatan Mosehe yang di gelar saat ini tidak luput dari kontribusi almarhum H. Samsul Bahri Madjid.

kata Merya, saat terbentuknya panggung utama tempat kegiatan ritual dilaksanakan merupakan persetujuan dari Almarhum. Olenya itu, ia berharap, agar kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, sebagai lambang penyejuk terciptanya kedamaian di bumi Sorume.

Baca Juga :  Secara Virtual, Plt Bupati Koltim Turut Dalam Pelantikan

Yang jika dilihat Roh dari Mosehe wonua, adalah bentuk saling bergotong royong membangun Daerah menuju kehidupan yang bermartabat, rukun, damai, dan saling menghargai, dan untuk mensucikan diri dan wonua (daerah) dari segala bala mala petaka atau wabah penyakit akibat pertikaian antara sesama.

Sebagaimana zaman Dahulu tradisi ini sering diselenggarakan saat dua kerajaan melakukan peperangan sehingga untuk mensucikan situasi atau semua dosa dari pertikaian dan dendam maka raja di Mekongga melakukan upacara ritual Mosehe Wonua.

Selain itu kata Bupati, ritual Mosehe wonua untuk merujuk kembali tali silaturahim dan menata kehidupan masyarakat untuk saling bahu membahu bekerjasama dan menghindari bentuk pertikaian dari segala bentuk permasalahan.

“Semoga kegiatan mosehe ini dapat menciptakan suasana di Kolaka Timur yang dingin seperti pohon pisang dan adem seperti pohon sagu. Sehingga tercipta Kolaka timur yang damai dan bermartabat,” Harapan Bupati.

Baca Juga :  Secara Virtual, Plt Bupati Koltim Turut Dalam Pelantikan

Dan pada kesempatan itu pula, ia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh  panitia dan masyarakat atas terselenggaranya mosehe wonua dikolaka Timur ini.

Sementara, ditempat yang sama Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustopa,S.I.K.,M.Si  menyampaikan sambutanya, terkait suasana Kantibmas yang berjalan kondusif aman serta berjalan dengan baik, dan dalam situasi ini harapannya agar tetap kita pertahankan kantibmas dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Mari kita tetap patuhi protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan,” imbau Kaplores.

Untuk di ketahui, acara ritual mosehe tersebut di hadiri Bokeo Mekongga atau Raja Mekongga ke 19 Drs. H. Khaerun Dachlan, M.Si yang didampingi Permaisuri Hj Sitti Arjuna,S.Pd. Turut Pj Sekda Koltim Iqbal Tongasa, Ibu TP-PKK Koltim Hj.Diana Massi, para OPD, para Camat, para Lurah /Desa dan masyarakat koltim pada umumnya. (@red)