Jalur Menuju SMKN2 Kolaka Belum Ada Akses Angkotan Umum, Siswa/Siswinya Berjalan Kaki Lewat Kebun Warga

  • Whatsapp

Kolaka, Kabartenggara.com – Awal Mula berdirinya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN2, Kolaka) tahun 2004 di jalan poros Bay’pass Kolaka – Pomalaa kelurahan Tahoa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sampai hari ini belum memiliki akses angkutan penumpang umum (pete-pete), Sehingga Siswa/Siswi yang bersekolah di SMKN2 terpaksa berjalan kaki melewati kebun warga menuju sekolah.

Hal ini diungkapkan Kepala sekolah SMKN2 Kolaka Drs. Muhlis M. S.Pd, M.Pd, saat di temui di ruang kerjanya pada Kamis (24/09/2020).

Ia mengatakan, keadaan Sekolah yang
dipimpinya sangat jauh dari poros dan belum ada akses rute kendaraan angkutan umum, sehingga Siswa/Siswi yang bersekolah di SMKN2 kebanyakan lewat kebun warga.

Baca Juga :  Kapolres Kolaka Silaturahmi Bersama Insan Pers

“Dikarenakan belum ada rute angkutan umum menuju Sekolah SMKN2 Kolaka, terpaksa Siswa/Siswi kami yang menuntut Ilmu disini, yang belum memiliki kendaraan terpaksa bejalan kaki melintasi kebun warga sebagai akses alternatif terdekat,” kata Kepsek SMKN2 itu.

Ditambahkannya, sejak menjabat sebagai kepala sekolah Kejuruan Negeri 2 kolaka melihat keadaan sudah sangat memprihatinkan.

Dimana, “siswa/ siswi calon taruna ini sudah mulai banyak yang tidak hadir masuk sekolah (bolos), apalagi jumlah siswa dan siswi kami sangat sedikit, di karenakan dari pihak orang tua tak ingin menyehkolahkan anak mereka disini dengan alasan tidak ada nya akses kendaraan umum (pete-pete), serta banyaknya pintu masuk sekolah akibat pagar sekolah yang belum pernah sama sekali tersentuh bantuan yang maksudnya agar pintu masuk sekolah cukup satu pintu saja agar dapat di pantau,” Keluhnya.

Baca Juga :  Kapolres Kolaka Silaturahmi Bersama Insan Pers

Lanjut Muhlis M, menitip harapan kepada Pemerinta Daerah Kab. Kolaka atau pihak instansi terkait dinas perhubungan darat kabupaten kolaka kiranya dapat memfungsikan akses rute angkutan umum di jalur jmenuju SMKN 2 kolaka.

“Kiranya harapan besar kami supaya akses rute angkutan secepatnya di kabulkan oleh pihak penentu kebijakan atau yang berwenang di Dinas Perhubungan (DLLAJR) Kabupaten kolaka,” Tutupnya.

Laporan : NURWINDU.NH