Menteri ATR/BPN RI Serahkan Langsung Sertifikat Tanah Masyarakat di Koltim

  • Whatsapp

Kolaka Timur, Kabar Tenggara.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI, A. Sofyan Djalil, menyerahkan langsung sertifikat tanah kepada warga Masyarakat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara. di Aula Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim, Selasa (1/9/2020).

Adapun penyerahan sertifikat tanah hanya dibagikan kepada beberapa penerima secara simbolis yang nanti sisanya akan diserahkan pemkab Koltim kepada masing masing penerimanya.

Total sertifikat tanah Kata Menteri ATR dalam sambutanya, yang siap dibagikan sebanyak 3.166 bidang, dimana sebagian besar yang diberikan pemerintah hari ini merupakan tanah re-distribusi Eks Hak Guna Usaha milik PT. Sandabi Indah Lestari yang sudah tidak diakui lagi.

Baca Juga :  Senergitas TNI, Polsek Mowewe Terus Gelar Operasi Yustisi Pendisplinan Pertokol Kesehatan

Selain itu kata Mentri ATR, selain sertifikat tanah masyarakat yang diberikan berdasarkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PT.SL), ada juga Sertifikat Pengadaan Tanah Bendungan Ladongi dan sertifikat tanah milik pemda Koltim.

Lanjut Sofyan Djalil, Penyerahan ribuan sertifikat tanah tersebut merupakan bagaian dari program pemerintah, yang bertujuan untuk mensertifikatkan tanah di seluruh Indonesia serta menghindari adanya konflik sengketah tanah di masayarakat.

Sementara di tempat yang sama, Bupati Kolaka Timur, Drs. H. Tony Herbiansayah dalam sambutanya, sebelumnya mengucapkan terimakasih
dan selamat datang kepada Menteri ATR yang merupakan Anugerah dan kebanggaan di tengah kesibukannya menyempatkan diri hadir di Koltim.

Baca Juga :  Senergitas TNI, Polsek Mowewe Terus Gelar Operasi Yustisi Pendisplinan Pertokol Kesehatan

Dikatakannya, saat ini sertifikat tanah yang akan dibagikan 110 persil secara simbolis dan sisanya akan diserahkan langsung nantinya.

“Keseluruhan berjumlah 3.166 sertifikat tanah, diantaranya 2.600 sertifikat tanah milik masyarakat, sedangkan sisanya merupakan sertifikat tanah pemda dan waduk Ladongi,” imbuhnya.

Hadir dalam Acara penyerahan Serifikat
perwakilan Gubernur Sultra, Kepala BPN Sultra, Wakajati, Kapolres Kolaka, Ketua DPRD Koltim dan Sejumlah OPD lingkup Koltim serta Masyarakat penerima Sertifikat. (*)