Upaya Pemerintah Hilangkan Kawasan Kumuh Perkotaan, Kotaku Kolakaasi/Sea Tuntas

  • Whatsapp

KOLAKA – Terkait dengan Program Pemerintah pusat melalui kementrian PUPR dalam peningkatan kwualitas insfrastruktur dan pelayanan perkotaan di seluruh Indonesia yang sedang dilaksanakan, salah satunya adalah insfrastuktur berbasis masyarakat (IBM), yang merupakan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Program ini dibuat untuk mendukung gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen akses sanitasi layak dengan sasaran kawasan pemukiman kumuh.

Melalui gerakan ini, kawasan kumuh yang terbesar di 34 provensi di indonesia akan di hilangkan dengan implementasi program sejak 2016 hingga 2020.

Baca Juga :  Kajari Konsel Teken MoU Bersama 336 Desa Di Konsel

Beberapa daerah yang menjadi sasaran program ini telah berbenah salah satunya di kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara.

Diungkapkan Latami, Meneger PT. Bumi Permata Kendari kepada Media ini, pekerjaan proyek peningkatan kawasan kumuh di Kelaurahan Kolakaasi dan Sea telah rampung dan selesai.

Bahkan Pemerintah Kabupaten kolaka menggunakan kawasan ini sebagai tempat pelaksanaan upacara bendera memperingati moment yang sangat bersejarah, yakni memperingatai hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 pada hari ini 17/08/2020.

Baca Juga :  Kajari Konsel Teken MoU Bersama 336 Desa Di Konsel

“Kami sangat berterimah kasih kepada elemen masyarakat dan pemerintah kabupaten kolaka, dengan kerjasama yang baik bersama team dan para pekerja proyek kotaku kolakaasi/sea ini dapat terselesaikan dengan baik, dan alhamdulillah masyarakat kabupaten kolaka bisa menggunakannya dan tempat ini juga telah tersedia tempat istirahat atau kasebo dan vasilitas yang lainnya,” tuturnya.

Laporan ; NURWINDU.NH