Bunyikan Suling Tiga Kali, Rusdianto: Ini Bentuk Kampanye Kemudahan Crew Change

  • Whatsapp

KOLAKA – Kabar Tenggara.com – Bentuk kampanye terhadap kemudahan pergantian awak kapal atau crew change, yang di terapkan bagi seluruh kapal yang berada di wilayah unit penyelenggara pelabuhan kelas III Pomalaa Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Yaitu membunyikan suling sebanyak tiga kali tepat di jam 12 siang.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala kantor UPP kelas III Pomalaa Rusdianto saat di temui media ini, rabu 8 juli 2020.

Dia mengatakan berdasarkan nota dinas yang di keluarkan oleh direktur perkapalan dan kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan No UM. 002/300/8/DK/2020 hari ini seluruh kapal yang berada di wilayah kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan Kantor syahbandar utama maupun kantor unit penyelenggara pelabuhan di seluruh indonesia, diperintahkan untuk membunyikan suling kapal sebanyak tiga kali.

Berikut isi nota dinas yang di keluarkan oleh direktur perkapalan dan kepelautan yang disampaikan.

  1. Berdasarkan undangan dari Minister For Aviation Maritime and Security, Department for Transport United Kingdom kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Bapak Budi Karya Sumadi perihal Invitation to a Virtual Maritime Summit on Crew Changes pada hari Kamis tanggal 09 Juli 2020. serta kampanye Global Calling All Ships In Ports Worldwide: Sound Your Homs.
Baca Juga :  Viral Gegera Cinta, Pria di Kolaka Nekat Bakar Diri

2.Sehubungan dengan butir 1 (satu) di atas. Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai administrator IMO. ikut berpartisipasi aktif dalam mengkampanyekan kemudahan pergantian awak kapal (crew change) karena pelaut merupakan pekerja kunci (key workers).

3.Oleh sebab itu bagi seluruh kapal yang berada di Perairan Indonesia. baik yang bersandar maupun beriabuh agar membunyikan suling kapal 3 Long Blast secara bersamaan pada pukul 12.00 siang hari pada hari Rabu tanggal 08 Juli 2020.

Baca Juga :  Penyaluran BLT Desa Palowewu di Sepakati Tahap III dan IV

4.Untuk kelancaran kegiatan tersebut di minta seluruh Syahbandar mengawasi kegiatan tersebut dan menugaskan tim Social Media Response Team (SMRT) masing-masing untuk mempublikasikan kegiatan tersebut melalui dokumentasi foto dan video juga menayangkannya di akun Media Sosial UPT masing-masing
untuk selanjutnya dilaporkan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut Cq Direktur PerkapaIan dan Kepelautan.

Penulis: Nurwindu